Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema

Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema- Cara Menanam Dan Merawat Bunga Keladi Agar Tumbuh Dengan Subur Dan Tampak Lebih Indah
kamu tertarik untuk menanam bunga keladi di rumah? Jika tertarik, yuk review bagaimana cara menanam dan melindungi tanaman ini di sini!

Saat ini, tersedia bervariasi style tanaman keladi yang sanggup kamu temukan di pasaran, jadi berasal dari yang daunnya berwarna hijau, merah, hingga hitam.

Aglaonema Besar
Aglaonema Besar

Banyak orang menyukai tanaman keladi karena bentuk daunnya yang unik, bermotif, dan warna-warni.

Dengan penanaman dan perawatan yang baik, tanaman ini akan tumbuh bersama subur dan indah yang pastinya bakal semakin membawa dampak rumahmu terlihat lebih cantik.

Penasaran bagaimana cara menanam dan menjaga bunga keladi ini?

Yuk, review caranya di bawah ini!

Cara Menanam Bunga Keladi
Untuk beroleh tanaman yang lebih subur dan lebih indah, anda harus menanam bunga bersama dengan benar.

Beberapa perihal yang perlu anda mencermati sebelum saat menjadi menanam adalah kala tanam, media tanam, bantuan pupuk, dan kualitas dari bibit.

1. Siapkan Media Tanam untuk Bunga Keladi
siapkan media tanam yang baik
Sumber: medium.com

Biasanya tanaman ini ditanam di media pot sehingga mampu lebih mudah dipindah-pindah.

Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema-Kamu mampu memilih jenis dan bentuk pot yang cocok bersama yang kamu inginkan, usahakan belanja pot yang berukuran tengah sampai besar karena tanaman ini mampu tumbuh lumayan besar.

Setelah menyiapkan hal tersebut, anda bisa buat persiapan media tanam dan pupuk dasar.

Cara untuk menyiapkan sarana tanam untuk satu tanaman keladi didalam pot adalah pertama menggelar karung sebagai alas menggabungkan media tanam.

Tuangkan tanah kompos dan pasir dengan perbandingan 3:1, selanjutnya tuangkan 100 gram Granule Bio Organic GDM SaMe.

Campurkan semua bahan dan masukkan fasilitas tanam selanjutnya ke di dalam pot.

2. Menyiapkan Bibit Bunga Keladi

Bibit tanaman ini dapat anda dapatkan dengan gampang di toko tanaman.

Pilih bibit yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlampau kecil.

Biasanya ukuran bibit yang tepat adalah bibit yang punya tinggi sekitar 6-10 cm.

Pastikan bibit berada didalam situasi sehat, daunnya cerah mengkilat, tidak cacat, dan tidak terkena hama.

Hal selanjutnya bertujuan agar bunga dapat tumbuh bersama dengan subur dan sehat.

3. Tahap Penanaman

Berikut adalah langkah untuk menanam tanaman keladi yang benar:

Ambil bibit yang sudah dipilih.
Buat lubang bersama kedalaman kurang lebih 2-3 cm pada sarana tanam.
Masukkan bibit bunga dan akarnya ke dalam pot.
Tutup akar dan bagian bawah tanaman dengan tanah, tekan secara pelan-pelan supaya bibit tidak roboh.
Siram tanaman bersama dengan air yang telah dicampur GDM Black BOS dengan perbandingan 10 ml GDM Black BOS dan 1 liter air ke permukaan media tanam.
Letakkan tanaman di tempat yang tidak terkena matahari secara segera sehingga tanaman tidak layu.

Cara Merawat Tanaman Keladi supaya Subur
cara menjaga keladi

Cara menjaga tanaman ini agar dapat tumbuh subur ternyata tidak sesulit itu.

Berikut adalah langkah-langkah melindungi bunga ini supaya sanggup tumbuh bersama dengan subur:

Letakkan bunga ke daerah yang sesuai, sebagian tanaman keladi menyukai cahaya matahari langsung tapi lebih dari satu model tanaman keladi tidak boleh terkena matahari langsung.
Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema-Siram bunga secara tertata dengan air secukupnya terhadap pagi atau sore hari.
Pada kala tanaman berumur 0-1 tahun, beri pupuk organik cair bersama dengan persentase 20 ml yang dicampurkan dengan air siraman tanaman. Ulangi setiap 1 minggu sekali.
Saat tanaman berumur 3-9 bulan, beri tambahan pupuk untuk memperkaya unsur hara terhadap tanah agar tumbuhan dapat tumbuh bersama maksimal.
Buang daun yang kering atau amat tua bersama dengan hati-hati agar tanaman sanggup nampak lebih indah dan terhindar dari serangan penyakit akibat kelembaban tinggi.
Jika tanaman telah punya anakan, anda mampu memindahkan anakan tersebut ke pot lain untuk memperoleh tanaman keladi yang baru.

Jika mendengar tanaman keladi, apa yang terbesit di otakmu? Tanaman biang keladi? Tentu bukan. Tanaman keladi merupakan sebutan untuk tanaman daun bersama genus Caladium dan Alocasia. Jenis tanaman hias ini sering dijadikan pilihan didalam menghiasi hunian, baik di dalam maupun luar ruangan.

tanaman keladi didalam pot di taman rumahshutterstock.com

Saat anda mengetik tanaman keladi pada mesin pencari Internet, anda bakal mendapatkan tanaman keladi dengan ragam warna dan corak. Hal ini jadi nilai utama yang membuatnya amat berharga. Semakin paham dan jernih warna dan juga corak, makin lama mahal pula harganya. Ditambah, tangkai daun yang pendek serta rimbun jadi menyebabkan tanaman hias ini berharga tinggi.

Supaya tanaman keladi bisa bertumbuh dengan hasil yang memukau, kamu wajib merawatnya bersama dengan beberapa langkah yang tepat. Untuk menjauhkan hal-hal yang tidak di idamkan layaknya pembusukan, mengikuti cara melindungi tanaman hias keladi selanjutnya ini!

Sesuaikan penyiraman bersama situasi iklim
menyiram tanaman keladi dengan penyiram tanaman dari besishutterstock.com

Pada dasarnya, tanaman keladi hidup di habitat yang basah. Pastikan tanaman ini beroleh air yang cukup bersama menyiramnya sehari sekali pada musim kemarau dan dua hari sekali pada musim hujan bersama dengan menggunakan penyiram tanaman.

Meskipun tanaman keladi memerlukan air yang banyak, jangan siram setiap selagi dengan porsi yang terlalu berlebih karena akan membuatnya cepat membusuk. Pastikan tanaman ini tidak kering karena sanggup menyebabkan dormansi atau mati suri, tapi jangan sampai air tergenang terhadap pot tanaman juga.

Gunakan media tanam yang telah disterilkan
media tanam tanaman keladi dengan tanah gembur dan serpihan kayushutterstock.com

Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema-Selain air, kehadiran media tanam jadi unsur yang tidak kalah esensial. Media tanam yang kerap digunakan adalah daun bambu yang udah diiris halus, sekam, dan sekam bakar. Sebelum menggunakannya, kamu wajib mensterilkan media tanam tersebut bersama cara dikukus di dalam panci supaya jamur dan bakteri musnah.

Jika memungkinkan, campur ketiga style sarana tanam tersebut bersama perbandingan 1:1:1. Sebagai alternatif, anda bisa memilih keliru satu tempat tanam selanjutnya untuk dijadikan daerah tanaman keladi tumbuh.

Beri penyinaran yang cocok bersama type tanaman keladi
daun berasal dari tanaman keladi bersama dengan garis daun putihshutterstock.com

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, tanaman keladi terdiri berasal dari dua tipe genum, yakni Caladium dan Alocasia. Keduanya mempunyai langkah perawatan yang berbeda, khususnya dalam urusan pencahayaan.

Tanaman keladi Alocasia wajib di letakkan di daerah yang teduh, seperti di atas meja teras rumah atau di jendela yang ditutupi bersama gorden. Di segi lain, tanaman keladi Caladium membutuhkan sinar banyak agar tak kasus bila anda taruh di daerah terbuka, layaknya pekarangan depan rumah.

Jangan lupa beri pupuk
tangan memegang pupuk untuk tanaman keladishutterstock.com

Tak cuma manusia, tanaman juga perlu nutrisi demi menopang kesehatannya. Beri tanaman keladi pupuk sementara ia sudah berumur empat hingga lima minggu. Gunakan pupuk organik lengkap layaknya pelet udang (Crustaceae). Pupuk ini punya kandungan 16 asam amino yang dapat merangsang pertumbuhan serta antibodi tanaman keladi.

Tak cuma pupuk organik lengkap, kamu bisa mencoba tipe pupuk lain. Yang paling penting, jangan hingga kandungan zat N dalam pupuk pilihanmu lebih banyak dari zat lain. Zat ini dapat memancing klorofil tanaman keladi sehingga tidak sesuai untuk keladi hias yang yang berwarna nonhijau. Warna merah, pink, putih, kuning, dan lainnya dapat hilang dan tergantikan oleh warna hijau.

Pastikan tanaman keladi terbebas berasal dari hama
serangga hijau belalang di atas daunshutterstock.com

Terakhir, kamu kudu rajin mengecek keadaan tanaman keladimu. Serangga yang umumnya mengganggu tanaman ini adalah ulat daun dan belalang. Keduanya sering menggerogoti daun tanaman keladi. Bagaimana cara mengatasinya?

Jika rusaknya dan kuantitas serangga tetap di dalam skala kecil, ambillah serangga satu per satu dan buang jauh-jauh. Apabila ternyata serangga udah menyebabkan kerusakan tanaman keladi didalam skala besar, insektisida harus turun tangan. Semprot insektisida tiap tiap 10 hari dengan dosis yang tercantum pada insektisida.

Di samping lima langkah melindungi tanaman keladi di atas, kamu terhitung perlu mengingat beberapa hal. Karena tanaman keladi mempunyai jumlah daun yang sedikit, ada baiknya misalnya kamu menanamnya secara berumpun supaya nampak lebih lebat. Jika bunga bermunculan berasal dari tanaman keladi, langsung potong sebab itu berarti dormansi. Perbanyak frekuensi penyiraman tanpa mengakibatkan air tergenang di pot.

Selain itu, kamu termasuk harus lebih menyimak dalam peletakkannya. Pasalnya, tanaman keladi beracun. Oleh dikarenakan itu, pastikan tanaman keladi jauh berasal dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaanmu, ya! Jangan lupa temukan aneka tips dan strategi bertanam lainnya di Dekoruma. Kamu bisa beroleh gagasan desain taman, cara membawa dampak bonsai, hingga bagaimana cara mengusir hama.

Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema-Cara Merawat Bunga Keladi – Tanaman hias type keladi ini diminati dikarenakan bentuk daunnya yang variatif serta motif dan warnanya yang indah dan berwarna-warni. Beberapa jenis miliki satu warna solid, dua warna dengan pertulangan daun yang berbeda, sampai lebih berasal dari dua warna di dalam satu daun.

Tanaman hias caladium ini terhitung di dalam jenis tanaman hias bersama dengan era hidup annual. Artinya, era hidupnya cuma tidak cukup dari satu tahun. Ini serupa dengan sebagian type tanaman hias lain, layaknya pacar air, krokot, jengger ayam, dan lainnya.

Meski tanaman caladium ini populer gampang untuk ditanam, tapi Anda termasuk senantiasa mesti menyimak cara perawatan yang benar. Agar hasil budidaya tanaman hias Anda bisa optimum, tersebut ini anjuran langkah menanam keladi hias beserta cara memelihara bunga keladi agar subur:
Cara Menanam Bunga Keladi
Cara menanam bunga keladi yang benar terlalu pengaruhi keberhasilan tumbuh tanaman keladi. Beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum akan menanam bunga keladi diantaranya adalah waktu tanam, fasilitas tanam, pertolongan pupuk dasar, dan mutu bibit dari tanaman keladi tersebut.

Untuk lebih jelasnya, tersebut ini faktor-faktor yang memengaruhi kesuksesan budidaya tanaman caladium:

a. Persiapan Media Tanam Keladi Hias
Sebagai tanaman hias, bunga keladi seringkali dibudidayakan pada pot. Tentu saja, sebelum saat membudidayakannya, Anda mesti pilih model dan bentuk pot yang sesuai bersama keinginan dan ukuran perkembangan tanaman, menyiapkan media tanam, dan buat persiapan pupuk dasar.

persiapan sarana tanam keladi hias
Berikut ini langkah buat persiapan fasilitas tanam untuk satu bunga keladi didalam pot:

Gelar karung pada permukaan tanah, untuk alas mencampurkan tempat tanam.
Tuangkan tanah kompos dan pasir, bersama perbandingan 3:1
Tuangkan 100 gram Granule Bio Organik GDM SaMe
Campurkan secara merata semua bahan diatas.
Masukkan media tanam selanjutnya kedalam pot yang sudah disediakan.
b. Penyiapan Bibit
Bibit tanaman caladium mampu didapatkan secara vegetatif. Artinya, Anda menanam anakan dari bunga keladi yang Anda inginkan, seperti tanaman keladi hitam, keladi merah, keladi bicolor, dan lainnya.

bibit keladi hias
Pilih bibit yang tidak sangat besar, tetapi juga tidak terlalu kecil. Ukuran yang pas sekitar adalah anakan yang tingginya telah meraih 6-10 cm.

Pastikan situasi anakan yang digunakan sebagai bibit ini di dalam situasi sehat, daunnya cerah mengkilat, tidak ada cacat, serta tidak terdapat ikutan hama/penyakit. Ini mempunyai tujuan agar nantinya bibit sanggup tumbuh subur dan sehat.

c. Tahapan Menanam Bunga Keladi
Setelah selesai menyiapkan tempat tanam caladium beserta bibitnya, kini saatnya proses penanaman. Berikut ini langkah menanam bunga keladi sehingga tumbuh subur dan tidak stress:

cara menanam bunga keladi
Ambil bibit yang udah dipilih.
Buat lubang bersama kedalaman 2-3 cm terhadap tempat tanam.
Masukkan bibit bunga keladi dan semua anggota akarnya.
Tutup akar dan bagian bawah tanaman dengan tanah, sambil sedikit ditekan agar bibit tidak roboh.
Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema-Siram bersama air yang udah diberi campuran GDM Black BOS, dengan perbandingan 10 ml GDM Black bos:1 liter air, ke seluruh permukaan media tanam.
Letakkan tanaman di area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung, agar tanaman tidak layu.
Itu adalah langkah-langkah cara menanam bunga keladi sehingga tanaman dapat cepat tumbuh dan berkembang. Setelah ditanam, kini saatnya Anda untuk menjaga tanaman keladi agar mampu tumbuh dan punyai tampilan yang indah.

Cara Merawat Bunga Keladi Agar Subur
Cara melindungi caladium sesungguhnya tidak amat sulit. Anda hanya kudu merawatnya secara teratur (continue) setiap harinya. Berikut ini beberapa langkah melindungi bunga keladi agar subur dan tampak indah menghiasi tempat tinggal Anda.

cara menjaga bunga keladi
Letakkan bunga keladi pada area yang sesuai. Ada beberapa jenis bunga keladi yang menyukai sinar matahari langsung, tetapi tersedia terhitung model bunga keladi yang tidak boleh terkena matahari langsung.
Siram secara teratur bersama air secukupnya terhadap pagi atau sore hari.
Pada kala tanaman berumur 0-1 tahun, berikan pupuk bersama takaran: 20 ml Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias yang dicampurkan dengan air siraman tanaman. Ulangi pengaplikasian satiap 1 minggu sekali.
Saat tanaman berumur 3 bulan, 6 bulan atau 9 bulan, memberikan tambahan pupuk untuk memperkaya unsur hara terhadap tanah secara lebih maksimal. Caranya adalah dengan:
Granule Bio Organik GDM SaMe
Menabur 100 gr Granule Bio Organik GDM SaMe secara merata ke sarana tanam.
Siramkan campuran 10 ml GDM Black BOS dengan air siraman secara merata ke fasilitas tanam.
Siramkan campuran 20 ml Pupuk Organik Cair Spesialis Tanaman Hias dengan air siraman secara merata ke media tanam.

5. Buang daun yang kering/terlalu tua dengan hati-hati, sehingga tanaman tampak lebih indah dan terhindar dari serangan penyakit akibat kelembapan tinggi.

6. Jika telah terdapat anakan, maka Anda sanggup memindahkan anakan tersebut ke pot lain. Ini merupakan langkah memperbanyak bunga keladi.

Itu semua adalah cara menanam dan cara menjaga bunga keladi sehingga subur. Jangan lupa untuk membudidayakan tanaman hias secara organik ya.. agar tanaman Anda senantiasa sehat, dan Anda beserta keluarga terbebas berasal dari residu bahan kimia.

Cara Merawat Bunga Keladi Aglonema | admin | 4.5